SSH ke Router 2811 HSEC/K9

Posted on

Setelah lama menunggu sekitar lima tahun-an, akhirnya saya bisa nge-remote Router Cisco lewat port 22., rekor tersendiri bagi saya, walaupun sudah lama menggunakan Secure Shell alias SSH namun port itu dipake untuk nge-remote server-server Linux yang saya bangun tidak untuk router Cisco. Selama ini hanya cukup puas dengan telnet yang tidak terlalu aman untuk nge-remote.
Kantor kebetulan baru membeli router ISR 2811 HSEC/K-9, ber-fitur Security, tentunya sudah built-in SSH. Hal ini membuat saya mengucapakan selamat tinggal untuk Telnet, sayangnya hanya router ini yang bisa di remote lewat SSH router lainnya masih pakai yang tradisional nge-remotenya. Tapi setidaknya ini memecahkan rekor setelah menunggu lebih lima tahun.
Saya sekalian ngoprek untuk liat SDMnya (Security Device Manager), cara lain nge-kondigur router Cisco pake tampilan grafis, setelah lihat fitur lengkapnya ternyata Router 2811 HSEC/K9 sudah mendukung dan sudah tertanam didalamnya untuk fitur : Netflow, VPN pakai SSL modul, IPS. Cihuyy…..waktunya ngoprek

Leave a Reply

