Resep Vegetarian : Membuat Gluten

Posted on Updated on

Gluten adalah bahan dasar daging nabati, terbuat dari sari pati tepung dan dari gluten bisa dibuat berbagai macam daging nabati seperti bakso, daging ayam nabati, udang nabati dan lain-lain.
Berikut cara membuatnya (diambil sepenuhnya dari : http://duniavegan.blogspot.com).

Bahan-bahan
– 9 mangkok tepung terigu
– sedikit garam
– gula
– air 3 mangkok
– kecap

Cara Membuat
1. Masukkan air dalam wadah plastik dan sedikit garam , kemudian masukkan air sedikit demi sedikit sampai menjadi adonan yg kental , sangat kental , tergantung pada keinginan , kalau ingin daging yg agak lembut maka air harus agak banyak ,kalau mau daging yg agak keras maka sedikit air kira kira seperti membuat bakpao .

2. Biarkan selama 5 jam dan tutup dengan kain basah untuk hasil yg memuaskan .setelah lima jam , maka adonan cuci di pancuran air sedikit demi sedikit sampai kita mendapatkan sari atau hasil seperti karet , cuci terus sampai tidak ada tepung lagi yg menempel . ditandai dengan bersih / jernih nya air bekas cucian adonan .

3. Kumpulkan menjadi satu dan tarik tarik seperti kita membuat gulungan benang , kemudian ambil air dalam wadah kasih 1/2 liter air garam satu sendok teh dan gula sedikit , serta kecap , 3 sendok makan , campurkan , rendam gluten tadi ke dalam bumbu ini dan biarkan selama kurang lebih semalam , tergantung selera , setelah itu angkat dan rebus dalam air , jangan sampai mendidih , tetapi kira2 antara 70-80 ‘ celcius selama lebih kurang lima atau 10 jam tergantung selera , semakin lama merebus semakin bagus serat yg di hasilkan dan semakin mirip daging aslinya ,tekturnya juga bagus , kita akan dapatkan daging vegan yg bagus , kemudian dinginkan dan goreng dalam minyak mendidih sampai kurang lebih berwarna kecoklatan , sebentar saja agar air di luar daging vegan menjadi bagus dan kuat serta tidak mudah hancur , simpan di freezer atau langsung dapat di gunakan .

4. Sebaiknya anda membuat langsung lima sampai 10 kg tepung terigu dan dpt anda simpan di dalam lemari pendingin , mengingat membuatnya cukup memakan waktu .

Mudah-mudahan bermanfaat

About these ads

23 thoughts on “Resep Vegetarian : Membuat Gluten

    /hmt said:
    September 30, 2008 at 7:11 pm

    Wah..bisa dicoba nih. Thanks & Salam Kenal :)

    dhimas rangga said:
    November 1, 2008 at 11:16 am

    Memang makanan yg sehat berasal dari sayuran dan buah-buahan yg segar,.. utk yg takut dg kolestrol tinggi bs dibanyakin bawang putihnya pd masakannya ya? krn bawang putih ternyata berkhasiat ampuh untuk menetralisir kolestrol, darah tinggi, anti oksidan, dll..

    coba deh baca lengkap di:

    http://mastersaham.blogspot.com/2008/07/khasiat-ajaib-bawang-putih.html

    thanks ya atas sharing ilmunya

    ekazamov10 responded:
    November 18, 2008 at 8:41 am

    @dhimas, terimakasih telah kunjungan ke blog saya…salam kenal…saya nanti juga kunjungan ke blognya dhimas.

    mega said:
    December 2, 2008 at 9:52 am

    terima kasih ya resep glutten nya

    ekazamov10 responded:
    December 6, 2008 at 10:49 pm

    halo mega salam kenal,

    G Budisularso said:
    February 15, 2009 at 6:02 pm

    Wah, saya pengin banget memulai hidup sebagai vegan. Cuma yang saya pikirkan gimana repotnya cari makanan yang “halal” buat vegan. Ada yang bisa bantu ngajarin/praktek bikin gluten dan kaldu vegan enggak ya. Memang resepya sudah saya baca,tapi prakteknya pasti perlu pembimbing kan ?
    Thank’s temen temen !

    hendra said:
    June 13, 2009 at 8:59 am

    salam kenal mas…
    thx buat resep glutennya… tp lama rebusnya ga salah tuh??? 5-10 jam, lama kali…!!! =)

    saya baru saja memulai menjalani vegetarian setelah 33th hidup dengan mengkonsumsi 90% daging setiap harinya…
    dan saya memutuskan utk mengkonsumsi nabati utk sisa hidup saya utk hidup lbh sehat & menyelamatkan bumi kita tercinta….

    btw… blog mas menambah aspirasi utk menguatkan komitment saya ini…. thx a lot!!!

    andhika said:
    July 26, 2009 at 11:52 am

    wah thanx buat infonya..

    oumm said:
    August 25, 2009 at 9:57 pm

    thaks so much

    Doc Mo said:
    October 21, 2009 at 8:45 am

    Untuk menambah kandungan asam amino esensialnya gmn tuh?

    ekazamov10 responded:
    November 11, 2009 at 3:24 pm

    maaf blum bisa jawab :D

    Rani said:
    December 26, 2009 at 9:16 am

    Thank 4 sharing.Cara bikin gluten ini alangkah baeke kl da guidenya langsung,palagi kl sekalian da kursus masak vegan,pasti tambah ziiiiip ya!Kl ada temen2 yg tau dimana ya ada kursus masak vegan di wil jogja.Ksh tau donk.Tp resep glutenya tetap ta coba,thanks.

    Rina said:
    January 2, 2010 at 7:46 am

    Wah ak muncul lg ni tmn2.kenapa komentar n pertyanku ga da tanggapan?ak dah cb resep glutennya.tp kok hsle tekturnya ga kyk daging.ga da kayak serat2 gitu, malahan da rongga2 kcl kcl didalamnya.dan nurut saya malah mirip2 tahu gitu.tolong donk ksh petunjuk, bg temen2 yg tau!gmn ini?salah saya dimana?sy bener2 pgn bisa?pdhal saya udah pake trigu protein tinggi. Dan saya juga pingin tanya ni apa tu proteina nabati? Gmn cara buatnya?tlglah beri inf bg temen2 yg tau.thx.

    guiwang said:
    February 21, 2010 at 1:19 pm

    Heie

    guiwang said:
    February 21, 2010 at 1:22 pm

    G juga mao tau tntg lbg byk lg resep makanan vgtrian tlg ksh dong?? G pengen bgt bs masak makn vege.krn g mao bljr msak mknan vege tlg ksh ya,thk’s.

    Arum Sukma Kinasih said:
    March 9, 2010 at 11:41 am

    terima kasih infonya :
    saya baru memulai menjalani life style vegan jadi sangat membutuhkan resep2 masakan vegetarian…karena di daerah saya sangat satu aja resto vegetarian (yang bener vege) dan cukup jauh..
    jadi apa ada tulisan tentang resep vegatarian yang lain?
    thank you

    nigarijaya said:
    April 2, 2010 at 12:54 am

    Siiippp… makacih… segera aku coba deh

    hendri said:
    April 15, 2010 at 5:44 am

    ini diaaaaaaaa… sifat daging hewani membuat kita tidak sehat dan cepet tua.

    Chie said:
    October 12, 2010 at 11:28 am

    Mnta tlg gmn cara m’buat proteina nabati yang dari sari kedelai?

    meity said:
    April 29, 2011 at 8:40 pm

    makasih atas resepnya insyaalloh akan segera saya praktekan dan smoga hasilnya juga ok

    sonja said:
    May 15, 2011 at 9:11 am

    terima kasih banget, kami tertolong karna ada pesanan makanan tanpa daging,langsung mau dicoba deh tks

    mei ni said:
    January 24, 2012 at 11:23 am

    Terima kasih bt resep vegan dan tipsnya, Terimakasih.

    Austin said:
    August 27, 2014 at 7:17 am

    My brother recommended I might like this web site. He was totally right.

    This post truly made my day. You cann’t imagine just
    how much time I had spent for this info! Thanks!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s