Tidak Makan Daging Merah Bantu Potong Emisi Pengubah Iklim Bumi

Posted on Updated on

Para Aktivis Lingkungan Amerika sekarang ini mendorong rakyatnya untuk lebih banyak membeli produk yang dihasilkan dari dalam negeri untuk menurunkan emisi pengubah iklim, namun apakah perubahan diet orang Amerika akan lebih efektif ? jawabannya ya, menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Lingkungan Ilmu dan Teknologi. Sebagaimana Laporan reporter VOA Rosanne Skirble, hasil studi menemukan daging merah dan produk susu peternakan yang dikonsumsi rumah tangga Amerika menghasilkan sampai setengah emisi seluruh gas efek rumah kaca.

Ada biaya lingkungan yang terjadi saat makanan berpindah dari peternakan sampai ke meja makan kita, semakin jauh berjalan maka semakin besar emisi yang dihasilkan dari truk, kapal atau pesawat yang membawanya. Argumennya adalah jika kita dapat menurunkan energi yang digunakan maka kita dapat meminimalkan emisi yang berkenaan dengan karbon dioksida, Jawab Christopher Weber, seorang assosiate profesor Lingkungan Universitas Carnegie Mellon dan juga yang memimpin studi ini.

Dihindari Baik Untuk Bumi
Dihindari Baik Untuk Bumi

Daging Merah berarti lebih banyak gas efek rumah kaca yang dihasilkan dibandingkan dengan produk lainnya, hal ini menunjukkan bukan saja hanya perjalanan dari peternakan babi/sapi kepada kita namun perjalanan pemberian makan dari ladang jagung kepada babi, perjalanan pupuk dari pabrik pupuk ke ladang jagung dan sebaliknya.
Periset melihat pada total siklus gas efek rumahkaca yang dikeluarkan untuk menghasilkan makanan yang dikonsumsi rata-rata rumah tangga Amerika, ternyata transportasi bukanlah penyebab utamanya. Transportasi hanya menyumbang 11 persen saja terhadap emisi dengan 4 persen bagian pengiriman akhir dari produser ke penjual eceran, Sebagian besar sisanya dalah tanggung jawab pelaku pertanian dan produksi.

Weber mengatakan gas metan dan Nitrogen Oksida (NO) dari peternakan binatang jauh lebih banyak menimbulkan polusi dibanding gas efek rumah kaca, karbon dioksida.

Binatang ternak menghasilkan banyak hasil sampingan pupuk yang tidak ditangani secara benar mengeluarkan gas metan dan nitrogen oksida sebanyak 20 dan 200 kali lebih keras dibandingan CO2, sederhananya adalah daging merah lebih banyak menghasilkan gas efek rumah kaca dibandingkan makanan lainnya, Jadi Diet sedikit atau tidak sama sekali daging merah berdampak lebih besar terhadap lingkungan dibandingkan dengan hanya mengkonsumsi makanan yang dihasilkan di dalam negeri.

Prof. Weber bervegetarian karena lingkungan hidup
Prof. Weber bervegetarian karena lingkungan hidup

Profesor universitas Carnegie Mellon ini mengatakan Perubahan/pergesaran dalam diet ini dapat memberikan dampak yang lebih besar terhadap lingkungan dibanding hanya membeli produk dalam negeri saja. weber juga mengatakan perubahan konsumsi dari Daging sapi ke ayam, ikan atau telur maupun diet berbasis sayuran (vegetarian) hanya satu hari per minggu saja akan memiliki dampak yang lebih besar pada lingkungan dibandingkan membeli produk makanan dalam negeri dalam setahun. Untuk perbandingan efek rumah kaca dalam standar mobil adalah mengurangi seluruh dampak 1600 kilometer per tahun katanya.
Bila rata-rata rumah tangga amerika berpindah secara total dari produk peternakan dan daging merah ke diet Vegetarian ataupun setengah vegetarian maka kilometer yang dihemat adalah 13000 km.

Weberpun mulai mempraktekan diet ini sepenuh hati, Dia tidak mengkonsumsi daging merah dan menyiapkan makan malam vegetarian Thanksgiving-nya dengan produk yang dihasilkan di dalam negeri, dengan begitu dia tahu jejak karbon yang dihasilkan akan terkurangi.

Sumber : http://www.voanews.com/english/Science/2008-12-01-voa23.cfm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s