Borong Buku…

Posted on Updated on

buku

Tidak biasanya saya membeli buku langsung lima buah sekaligus, namun dalam rangka menyambut libur akhir minggu yang agak panjang maka dengan “gelap mata”, saya memberanikan diri membeli buku dengan kuantitas yang agak banyak. Buku yang saya beli selain merupakan pilihan sendiri, ada juga yang merupakan titipan Bapak, beliau menginginkan buku yang bertema misteri politik yang telah menjadi bagian sejarah Indonesia di masa orde lama dan orde baru. Bapak memang penghobi membaca buku dan komik terutama tentang sejarah. Sejak saya masih kanak-kanak, beliaulah yang memperkenalkan pertama kali buku kepada saya. Buku Pintar Senior dan Buku Pintar Junior adalah buku yang paling berkesan bagi saya sewaktu masih kecil dan komik epik wayang Mahabharata serta BharataYudha merupakan komik yang mengguratkan kesan yang kuat tentang filosofi, mungkin komik tersebut mengajarkan arti kehidupan untuk pertama kalinya kepada saya.
Ada lima buku yang saya beli, Empat buku diperuntukkan untuk Bapak, dari judulnya saja sudah terbaca Bapak pasti menyukainya. Buku pilihan saya adalah Buku karangan Eckhart Tolle seorang spiritualist yang sekarang tinggal di Vancouver, pertama kali saya mengetahui buku ini dari acara Oprah Show, Oprah merekomendasikan buku ini layak untuk dibaca dan dikoleksi, namun sayangnya buku yang saya beli adalah versi terjemahan. Walaupun saya belum selesai membaca seluruh isi buku yang berjudul A New Earth, sebuah dunia baru, namun dari awal buku ini memberikan wawasan lain tentang diri sendiri, buku ini menuntun kita untuk mengenal diri sendiri. Buku ini kembali mengungkapkan ketidaksadaran dan pengabaian manusia terhadap diri sendiri, apa yang kita anggap selama ini sebagai diri sendiri ternyata hanyalah ego, ego-lah yang membungkus diri kita yang sebenarnya, ego yang menghalangi kita bergerak apa adanya, buku ini mencoba memberikan jalan bagi kita untuk memahami jati diri yang sebenarnya. Perjalanan yang cukup berliku untuk memahami diri kita sendiri namun itu yang harus kita lakukan, karena itulah kita ada disini. Buku ini saya rekomendasikan untuk dibaca, sebuah buku yang kembali mencoba mengingatkan kita pada perjalanan agung ke dalam diri kita sendiri.

Leave a Reply

