Asikny Berburu Gadget DAP Baru

Posted on Updated on

Berawal dari rusaknya port konektor Data HP Sony Erricson yang saya miliki, maka saya tidak bisa lagi menikmati lagu2 favorit melalui media DAP (Digital Audio Portable), HP Soner itu adalah satu-satunya DAP yang saya miliki. Keinginan mengganti HP dengan yang baru tidak terlaksana karena Soner ini masih bisa diandalkan untuk bercuap2, fitur2nya masih cukup memenuhi kebutuhan saya yang sekali lagi hanya port konektorny saja yang rusak. Ah Sayang HP-ny masih bagus masa harus diganti. Kemudian terbersit untuk membeli gadget lain yang berupa DAP, contoh DAP yang paling umum adalah MP3 Player. Awalnya saya mengincar IPhone touch karena kepopulerannya namun karena saya tidak terlalu suka dengan Apple dan berkeinginan membeli Mp3 Player ber-OS Android maka saya urungkan niat membelinya. Selanjutnya saya mencari referensi dengan cara standar yaitu nanya mbah Google, ternyata di dunia maya ada kumpulan pecinta audio, mereka mendirikan forum membahas tentang segala hal yang berbau audio dan tentu saja saya langsung ke bagian subforum DAP. Disanalah wawasan saya menjadi terbuka lebar, DAP favorit penggila audio ini (audiophile) merupakan merk2 yang saya sendiri baru mengetahuinya bukan produk keluaran apple tapi merk2 seperti Sansa,Cowon. Merek yang tidak terkenal -menurut saya- ternyata merupakan merk favorit teman-teman di audiophile-id. Setelah membaca review para penghuni forum di audiophile-id akhirnya saya mengincar 2 merk Samsung dan Cowon, namun ternyata Samsung belum me-rilis Mp3 player ber-android, baru pada bulan ke-3 atau ke 4 mereka merilisnya itu terlalu lama buat saya, maka Cowon adalah calon terkuat pilihan saya selain kemampuan audio-ny yang mumpuni ternyata Cowon juga termasuk yang difavoritkan di segmen DAP tapi harganya saja yang cukup mahal dibandingkan gadget sejenisnya.

Tekad sudah bulat untuk membeli DAP dari Cowon ini, kembali saya mencari referensi dan spesifikasi teknis jenis Cowon yang saya akan beli dan yang sesuai dengan keinginan saya adalah Cowon D3 Pleneu, dari segi teknis gadget ini cukup mumpuni dia bisa memutar banyak macam format audio dan video, ini yang saya suka, akhir2 ini saya lebih menyukai audio berformat FLAC dibandingkan MP3 dan video berformat mp4, tentu saja Cowon D3 pleneu mendukung format2 kesayangan saya.
Tantangan berikutnya adalah mencari penjual si Cowon ini yang made in Korea, ternyata eh ternyata di Toko Gadget tidak tersedia si Cowon ini bahkan salah seorang penjaga toko di BEC menganjurkan order langsung ke Korea karena cowon di Indonesia susah didapat dengan cara biasa. wah wah bisa repot nih saya karena tidak punya channel ke Korea. Mentok, bagaimana carany order langsung ke Korea, akhirnya iseng, saya searching di Kaskus biasany disana ada saja info pre-order barang tertentu yang susah dicari di pasar2 offline.

Pucuk dicinta ulampun tiba, ternyata ada yang khusus menjual barang -barang bermerk Cowon namun harus pre-order artinya barangny belum tersedia di pasaran di Indonesia dan harus di-order ke Korea terlebih dahulu berarti kita harus menunggu beberapa saat tak apalah tokh menungguny hanya sekitar 2- 3 minggu saja, satu hal yang penting bila kita membeli di KAskus ini adalah sifatnya online, penjual dan pembeli tidak bertemu muka maka media chatting dan SMS menjadi sarana penghubung penjual dan pembeli dan kepercayaan menjadi yang utama karena disini kita menyerahkan terlebih dahulu uang baru kemudian barangnya akan diterima bisa saja siyy menggunakan sistem COD (cash on Delivery) namun berhubung penjualny di Surabaya dan saya di Bandung maka sulit sekali menerapkan sistem COD pada kasus saya. Maka tips amanny adalah 1.) Mencari penjual yang terpercaya, bisa dilihat dari reputasi banyaknya testimoni pembeli dan status penjual sendiri yang menerima banyak “cendol”/hijau bukan “bata”/merah 2.) Penjual tersebut telah sering melakukan order dan biasany spesialisasi 3.) Jika kedua tips diatas sudah dilakukan, tinggal kita berdoa mudah2an barangnya sampai di tempat kita. Saya sudah melakukan 2 kali pembelian dengan cara diatas dan alhamdullillah barng2 yang saya pesen sampai dengan selamat😀. Sebenarnya Kaskus memiliki mekanisme pembelian barang yang lebih aman yaitu kaskus membuka rekening dan kita pembeli membayar ke Kaskus bukan ke pembeli langsung dan saat barang sudah diterima barulah kita memberitahu Kaskus untuk membayarnya ke si penjual, mekanismeny lebih panjang dan ada penambahan fee namun saya rasa ini lebih aman dan mengurangi deg2an..hehehee.

Kembali ke Si Cowon D3 Pleneu, Jumat kemarin barangnya sudah diterima dengan selamat, perjalanannya dari Korea-Singapura-Jakarta-Surabaya-Bandung sekitar 14 hari, saat diterima barangny dibungkus dengan rapi dan cukup melindungi gadget. Dibuka pertama kali kotak pembungkus Cowonny sederhana berwarna coklat ternyata kartonny berasal dari kertas daur ulang. Dan nampaklah si Cowon dengan bentukny yang stylish berwarna hitam, langsung saya mainkan dengan lagu bawaanny si Cowon..wooww dah terdengar ajib padahal yang dimainkan baru berformat mp3 apalagi kalau sudah formatnya FLAC pasti lebih ajib lagi. Owwwhh yach si Cowon ini memberikan gratis 30 lagu dengan download di situs tertentu namun ini khusus untuk pelanggan Amerika Serikat…hehehe ngga jadi deh dapet gratisannya. Ternyata si Cowon kadang2 suka nge-lag saat saya coba kemudian saya cek Firmwareny owwhh masih Firmware lama 4.21 saya harus meng-upgradenya ke versi yang terbaru Firmware 4.27. Tulisan berikutnya akan bercerita tentang si COwon D3 ini

One thought on “Asikny Berburu Gadget DAP Baru

    belanja buku online said:
    February 23, 2014 at 12:25 pm

    Hi! I could have sworn I’ve been to this website before but after reading through some of the post I realized
    it’s new to me. Nonetheless, I’m definitely happy I found it and I’ll be book-marking and checking back often!

Leave a Reply

